Back

Merek merupakan istilah yang tidak asing di telinga kita. Dari mulai bangun tidur, kita sudah bisa menemukan merek di sekeliling kita. Di kamar mandi saja kita bisa menemukan berbagai jenis merek. Anda mungkin menggunakan merek Pepsodent untuk produk pasta gigi atau mungkin menggunakan sabun dan shampoo merek Lifebuoy untuk membersihkan badan dari kotoran. Untuk produk pencuci pakaian, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan merek Rinso.

Ketika memulai aktivitas saja Anda sudah dihadapkan oleh beberapa jenis merek. Belum lagi merek-merek lainnya yang Anda gunakan dan temui di sekeliling Anda dalam waktu 24 jam. Jika dalam satu produk saja Anda bisa menemukan banyak merek, bisa dibayangkan berapa banyak jenis merek yang ada saat ini? Tentu jumlahnya sangat banyak.

Lantas, apakah definisi merek itu sendiri?

Menurut UU No. 20 Tahun 2016, merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau 3 (tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.

Berdasarkan definisi merek di atas, kita tahu bahwa merek tidak hanya berupa kata namun juga memiliki bentuk lainnya. Merek memiliki fungsi sebagai tanda pengenal untuk membedakan hasil produksi yang dihasilkan seseorang atau perusahaan dengan produksi orang lain atau perusahaan lainnya. Merek juga sebagai alat promosi sehingga mempromosikan hasil produksinya cukup dengan menyebutkan mereknya.

Jenis-Jenis Merek

Produk yang dihasilkan oleh seseorang, organisasi, atau perusahaan dapat dibedakan menjadi produk yang berupa barang dan jasa. Dalam hal ini, pemberian merek pun didasarkan atas jenis produknya, sehingga menjadi merek dagang dan merek jasa.

Merek Dagang adalah merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang sejenis lainnya seperti produk handphone, makanan, minuman, elektronik dan lain sebagainya.

Sedangkan Merek Jasa adalah merek yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan jasa sejenis lainnya. Contoh dari merek jasa ini bisa berupa merek pada lembaga pendidikan, lembaga keuangan, dan lain sebagainya.

Merek yang Terdaftar

Seringkali kita menyebut barang atau jasa yang kita pakai menggunakan nama mereknya ketimbang jenis produk itu sendiri. Sebagian besar dari kita pasti menyebut Aqua ketika hendak membeli air mineral, atau Blue Band ketika sedang membutuhkan margarin. Hal ini menunjukkan posisi merek yang kuat, sehingga melekat dibenak konsumen.

Seperti diketahui, ada begitu banyak merek yang diciptakan, baik merek lokal maupun internasional. Berikut adalah beberapa contoh dari merek terkenal yang tentunya sudah terdaftar:

Contoh Merek Barang

McDonald’s

Siapa yang tidak mengenal McDonald’s sebagai rumah makan siap saji terbesar di dunia. Pada tahun 1940, restoran pertama McDonald’s didirikan oleh dua bersaudara Dick dan Mac McDonald di San Bernardino, California, Amerika Serikat. Namun kemudian dibeli oleh Ray Kroc dan diperluas ke seluruh dunia. Merek McDonald’s yang diciptakan oleh Ray Kroc ini menjadi salah satu merek yang paling kuat sepanjang masa dengan menampilkan lambang dua busur berwarna kuning yang biasanya selalu dipajang di rumah makan cepat sajinya.

IKEA

IKEA adalah sebuah peritel perabot untuk rumah tangga yang berasal dari Swedia. Perusahaan ini didirikan di Ingvar Kamprad pada 1943 saat berusia 17 tahun. IKEA sendiri merupakan singkatan dari nama pendirinya yaitu, Ingvar Kamprad, dan tempat dimana ia dilahirkan yaitu, Elmtaryd dan desanya, Agunnaryd. Merek Ikea yang berupa nama ini diberi cat warna biru dan aksen kuning yang merupakan warna nasional Swedia. Katalog IKEA yang berisi info produk IKEA diperkirakan adalah buku yang pendistribusiannya kedua terluas setelah Alkitab dan biasanya diperbaharui tiap Agustus.

Apple

Apple Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. pertama kali didirikan pada tanggal 1 April 1976 dan berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne. Logo Apple sendiri sebenarnya telah mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Sejak berganti dari warna pelangi yang tak berurutan, apel tergigit itu sudah berganti warna menjadi biru, putih dan siluet hitam. Saat ini logo Apple diberi warna abu-abu solid dengan sentuhan glosi yang didesain menjadi lebih sederhana namun tetap berkelas.

Lukisan Ayam Jago

Bagi pecinta bakso atau mie ayam, pasti tidak asing lagi dengan mangkuk berwarna putih bergambar ayam jago. Namun, tahukah Anda jika lukisan ayam jago ini sudah didaftarkan mereknya? Ya, gambar tersebut sudah didaftarkan mereknya oleh perusahaan keramik PT Lucky Indah Keramik dengan nama Lukisan Ayam Jago. Dilansir dari kumparan.com, pendaftaran merek ini berdasarkan pada Sertifikat Perdaftaran Merek nomor IDM00366635 dalam kelas 21 yang meliputi barang-barang piring, mangkuk, basi, tatakan cangkir, tea set, dinner set, poci, cangkir, gelas, tutup cangkir, dan vas bunga. Dengan adanya pendaftaran merek ini, maka produsen lain tidak bisa sembarangan menggunakan lukisan ayam jago pada produk mereka yang masuk kategori kelas 21. Lukisan ayam jago ini juga sudah ada sejak tahun 1971 dan telah berkali-kali melakukan pendaftaran merek.

Contoh Merek Jasa

Garuda Indonesia

Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan nasional indonesia yang didirikan pada 26 Januari 1949 dan mulai beroperasi pada 28 Desember 1949. Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan kelas dunia dengan layanan terbaik di kelasnya ini meraih penghargaan sebagai Maskapai Penerbangan Regional Terbaik di Dunia yang diberikan oleh Skytrax pada tahun 2016. Merek maskapai penerbangan ini berupa logo burung garuda dengan elemen grafis “Sayap Alam” yang disematkan pada bagian ekor pesawat dan berupa tulisan “Garuda Indonesia.”

English First

EF English First merupakan jaringan sekolah bahasa yang menyediakan pelatihan dan kursus bahasa Inggris di negara-negara yang bahasa aslinya bukan Bahasa Inggris. EF English First berdiri pertama kali di Indonesia pada tahun 1995 dan saat ini telah mempunyai banyak cabang yang tersebar di Indonesia. Tulisan huruf berupa E dan F menjadi merek dari lembaga pendidikan ini yang disertai dengan nama “English First di bawah huruf EF tersebut.

Merek merupakan elemen penting pada sebuah produk dan jasa dan bisa nilai tambah bagi produk itu sendiri, baik barang maupun jasa. Merek juga membantu menarik perhatian konsumen atas suatu produk atau jasa baru yang mungkin memberikan keuntungan.

Produk yang memiliki merek dan yang tidak memiliki merek memiliki kualitas dan bahkan harga yang berbeda di pasaran. Kopi yang memiliki merek yang biasa kita temui memiliki harga yang relatif mahal dengan kopi yang tidak memiliki merek yang juga biasa kita temui di jalan.

Dengan memiliki merek, keuntungan yang didapat perusahaan jauh lebih besar. Sehingga, memiliki merek merupakan sesuatu yang begitu penting mengingat persaingan yang semakin pesat dalam dunia bisnis. Semoga bermanfaat!

Post a Comment