Back

Memiliki merek dagang adalah penting bagi seorang pebisnis apapun. Pasalnya, merek dagang selain menjadi pembeda dengan merek lainnya juga sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis tersebut.

Anda bisa bayangkan jika bisnis yang Anda miliki cukup berjalan dengan baik dan Anda tidak memiliki merek dagang atas produk yang Anda jual. Maka bukan tidak mungkin jika pebisnis lain yang akan mendaftarkan merek dagang itu.

Untuk itulah pendaftaran merek dagang penting agar merek Anda mendapatkan perlindungan sehingga terhindar dari pembajakan. Dengan adanya hak eksklusif ini jadi siapapun yang ingin menggunakan merek Anda harus mendapatkan izin Anda.

Merek yang terdaftar ini akan mendapatkan perlindungan hukum dengan jangka waktu 10 tahun sejak tanggal penerimaan. Nah, menariknya, jika masa perlindungan terhadap merek Anda telah habis, maka Anda dapat memperpanjangnya untuk jangka waktu yang sama.

Dilihat dari fungsinya juga, sebuah merek memegang peranan penting untuk keberhasilan promosi yang dilakukan karena ketika berpromosi kita cukup dengan menyebut mereknya. Namun sayangnya, masih banyak yang masih belum menyadari akan pentingnya pendaftaran merek. Sebagian dari mereka menganggap biaya yang dikeluarkan tidak sedikit dan prosesnya yang cukup lama.

Tahapan Pendaftaran Merek

Anda pasti tahu untuk mendapatkan sesuatu membutuhkan proses. Demikan juga dengan pendaftaran merek. Anda harus melewati serangkaian proses sebelum akhirnya mendapatkan apa yang Anda inginkan. Sebetulnya, proses yang harus dilewati untuk mendapatkan hak merek tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh, yaitu mendapatkan perlindungan merek selama jangka waktu yang telah ditentukan, kemudian Anda dapat memperpanjangnya, dan merek Anda terhindar dari pembajakan.

Tahapan pendaftaran merek ini diawali dengan mengajukan permohonan pendaftaran merek, setelah diproses tahap selanjutnya adalah pengumuman permohonan, pemeriksaan sunstantif, dan setelah lulus dari pemeriksaan ini maka Anda akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bahwa merek Anda telah dilindungi.

a. Permohonan Pendaftaran Merek

Permohonan pendaftaran merek diajukan oleh Pemohon atau Kuasanya kepada Menteri baik melalui media elektronik maupun non elektronik dalam bahasa Indonesia dengan mencantumkan:

  • Tanggal, bulan, dan tahun permohonan.
  • Nama lengkap, kewarganegaraan, dan alamat pemohon.
  • Nama lengkap dan alamat Kuasa jika Permohonan diajukan melalui kuasa.
  • Warna jika merek yang dimohonkan menggunakan unsur warna.
  • Nama negara dan tanggal permintaan merek yang pertama kali jika permohonan yang diajukan menggunakan hak prioritas.
  • Kelas barang atau jasa beserta penjelasan mengenai barang/jasa tersebut.

Setelah lengkap, maka permohonan ditandatangani oleh pemohon atau kuasanya. Kemudian, permohonan juga dilampiri dengan label merek dan bukti pembayaran biaya. yang ditentukan berdasarkan kelas barang/jasa. Jika merek yang didaftarkan berupa bentuk 3 dimensi, maka label merek yang dilampirkan dalam bentuk karakteristik dari merek tersebut. Untuk permohonan merek berupa suara, maka notasi dan rekaman suaralah yang harus dilampirkan.

b. Pengumuman Permohonan

Pengumuman permohonan ini dilakukan oleh Menteri dalam Berita Resmi Merek dalam waktu paling lama 15 hari sejak tanggal penerimaan permohonan. Pengumuman dalam Berita Resmi Merek ini berlangsung selama dua bulan yang diterbitkan secara berkala melalui saranan elektronik maupun non-elektronik.

Adapun yang dicantumkan dalam pengumuman ini yaitu data pemohon, kelas dan jenis barang/jasa, tanggal penerimaan, nama negara dan tanggal penerimaan untuk permohonan yang diajukan menggunakan hak prioritas, dan label merek.

Dalam jangka waktu pengumuman, setiap pihak dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada Menteri atas permohonan yang bersangkutan. Keberatan ini dapat diajukan jika terdapat alasan yang cukup disertai bukti bahwa merek tersebut tidak dapat didaftarkan atau ditolak berdasarkan Undang-Undang.

c. Pemeriksaan Subtantif

Pemeriksaan substantif ini merupakan pemeriksaan yang dilakukan oleh pemeriksa terhadap permohonan pendaftaran merek. Segala keberatan maupun sanggahan menjadi pertimbangan dalam pemeriksaan substantif ini yang diselesaikan dalam jangka waktu paling lama 150 hari. Tenaga ahli pemeriksa merek di luar pemeriksa ini juga diperlukan untuk melakukan pemeriksaan substantif yang hasil pemeriksaannya dianggap sama dengan hasil pemeriksaan substantif yang dilakukan oleh pemeriksa, dengan persetujuan Menteri.

Ketika pemeriksa telah memutuskan bahwa permohonan Anda dapat didaftarkan, maka Menteri akan segera mendaftarkan merek tersebut dan memberitahukan pendaftaran merek tersebut kepada pemohon atau kuasanya, menerbitkan sertifikat merek, dan mengumumkan pendaftaran merek tersebut dalam Berita Resmi Merek, baik melalui media elektronik maupun non-elektronik.

Jika pemeriksa memutuskan bahwa permohonan tidak dapat didaftarkan atau ditolak, maka menteri akan memberitahukan secara tertulis kepada pemohon atau kuasanya dengan menjelaskan alasannya.

d. Sertifikat

Ketika merek Anda sudah terdaftar, maka menteri akan menerbitkan sertifikat merek Anda. Sertifikat merek ini memuat data lengkap dari pemilik merek ataupun kuasanya, tanggal penerimaan, label merek, nomor dan tanggal pendaftaran, kelas dan jenis barang/jasa, dan jangka waktu berlakunya merek.

Perlu diperhatikan bahwa sertifikat merek yang tidak diambil oleh pemilik merek atau kuasanya dalam jangka waktu paling lama 18 bulan sejak tanggal penerbitan sertifikat, maka merek yang telah terdaftar tersebut dianggap ditarik kembali dan dihapuskan.

Merek Apa Saja yang Tidak Dapat Didaftarkan?

Umumnya merek yang tidak bisa didaftarkan ini bertentangan dengan ideologi negara, peraturan undang-undang, moralitas, agama, kesusilaan atau ketertiban umum. Memuat unsur yang menyesatkan masyarakat dan memuat keterangan yang tidak sesuai juga membuat merek anda sulit untuk didaftarkan. Tidak memiliki daya pembeda atau merupakan nama umum atau menggunakan lambang milik umum juga sudah dipastikan merek tersebut tidak bisa didaftarkan.

Penelusuran Merek

Sebelum mengajukan permohonan pendaftaran merek, melakukan penelusuran merek adalah tahap penting yang harus Anda lakukan. Dengan melakukan penelusuran merek ini maka Anda akan mengetahui merek-merek apa saja yang sudah terdaftar di kantor Ditjen HKI. Sehingga mencegah adanya kesamaan merek sebelum Anda mulai mendaftarkannya. Anda bisa melakukan penelusuran merek di situs www.dgip.go.id. Namun untuk mengetahui merek-merek apa saja yang sedang dalam proses pendaftaran di kantor HKI, maka Anda bisa melakukan penelusuran merek melalui bantuan dari Konsultan HKI.

Demikianlah ulasan mengenai tahap pendaftaran merek dagang. Pendaftaran merek dagang ini penting di tengah perkembangan teknologi yang cukup pesat yang turut mendorong laju perekonomian masyarakat. Hal ini menandakan persaingan yang juga semakin pesat, terutama di bidang bisnis. Untuk bisa sukses di tengah persaingan, dibutuhkan strategi agar bisnis Anda dapat bertahan. Salah satu tahap utama yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pendaftaran merek pada barang/jasa yang Anda jual.

Siapapun tidak akan bisa menggunakan merek Anda tanpa mendapat izin Anda karena merek Anda telah dilindungi secara hukum. Memiliki merek dagang juga sangat penting ketika Anda melakukan kegiatan promosi sebagai pembeda antara produk Anda dengan yang lainnya. Apalagi jika merek Anda memiliki keunikan, bukan tidak mungkin jika produk Anda akan menjadi sangat besar.

Post a Comment