Back

Saat ini kehidupan manusia tidak dapat terlepas dari yang namanya teknologi. Karena sangat dibutuhkan, maka banyak perusahaan yang melakukan inovasi untuk menarik konsumen guna meningkatkan produktifitas mereka. Berikut ini, 5 inovasi teknologi yang mengubah dunia:

1. Drone untuk Reboisasi

Drone tidak hanya untuk fotografi saja. Namun, sekarang dikembangkan untuk membantu reboisasi dengan menanam 100 ribu pohon di daerah yang sulit dijangkau dalam waktu sehari saja. Karena 15% dari total emisi karbon global dunia disebabkan oleh penggundulan hutan, makan drone dimanfaatkan dan dianggap sangat penting karena bisa mengurangi penggundulan hutan di bumi.

Hal ini dilakukan dengan menggunakan 2 drone. Drone pertama akan melakukan survei dengan menerbangkan drone ke area lahan untuk mencari lokasi penanaman yang sesuai. Setelah itu, drone akan memetakan wilayah tersebut agar menemukan area tanam yang optimal. Drone yang kedua, dikirim melalui jalur penerbangan tertentu yang dikirimkan oleh pesawat pemancar pemetaan dengan benih yang akan disebarkan nantinya. Drone tersebut dapat membawa 150 biji pohon.

Inovasi teknologi drone ini dapat membantu pemerintah dalam hal reboisasi hutan dengan waktu yang singkat dan biaya yang lebih murah.

2. Mobil Listrik

Mini Electric Concept memiliki tampilan lampu depan dan grille tampilannya modern, bagian lampu rem belakang bentuknya anak panah dan mengingatkan kita akan bendera Inggris Union Jack. Inlay aero dinamikanya menggunakan teknik pencetakan 3 dimensi, jadi menghasilkan struktur fiberglass.

Mobil ini akan diluncurkan pada tahun 2019. Sama dengan mobil mini lainnya, Mini Electric Concept ini menggabungkan antara mobilitas berkelanjutan dengan emisi yang maksimum. Mobil listrik ini pasti merupakan salah satu hal yang paling kamu tunggu, kan?

3. Inovasi Teknologi Face++

Face++ merupakan teknologi sejenis face recognition yang diciptakan oleh perusahaan Tiongkok dan pertama kali diluncurkan pada tahu 2012. Per tahun 2017, nilai perusahaannya sudah mencapai sekitar miliaran dolar AS.

Awal ide terbentuk ini adalah dari akses untuk masuk ke sebuah gedung. Cara kerjanya software tracking akan dimasukkan ke dalam sensor yang akan mendeteksi wajah. Kemudian Face++ memutuskan mengaplikasikan teknologi ini untuk interaksi sehari-hari, seperti transaksi perbankan sampai ke transportasi juga. Dengan adanya teknologi ini, transaksi perbankan jadi lebih mudah dan terintegrasi hanya dengan melalui deteksi wajah.

Di Tiongkok, pasarnya sangat memungkinakan untuk dilakukan hal ini, karena Tiongkok mempunyai data penduduk yang dikumpulkan di satu tempat database.

4. Ponsel Bebas Baterai

Ada satu lagi kemajuan dari dunia teknologi, yaitu akan adanya prototipe ponsel bebas baterai yang dimana menggunakan teknologi yang diharapkan nantinya akan menjadi produk yang dipasarkan secara massal.

Inovasi teknologi ini pertama kali dicetuskan oleh sekelompok peneliti dari University of Washington di Seattle. Shyam Gollakota dan Vamsi Talla, yaitu dua peneliti dari University of Washington berpendapat bahwa temuan itu mungkin tidak sepadan dengan temuan teknologi telepon oleh Alexander Graham Bell tetapi terobosan mereka merupakan terobosan yang luar biasa.

“Ponsel tanpa baterai ini lompatan besar dalam hal kemampuan piranti bebas baterai karena kini ada piranti streaming yang bisa terus berbicara sambil menerima data, yang pada dasarnya adalah telepon,” kata Gollakota sebagaimana dikutip dari VOA Indonesia.
Ponsel ini nantinya akan memanfaatkan energi elektromagnetik yang berdetak dalam bentuk gelombang frekuensi radio atau RF. Gelombang RF tersebut ada di sekitar kita, seperti stasiun FM dan stasiun AM yang menyiarkan gelombang radio, stasiun TV, dan menara ponsel semua memancarkan gelombang RF. Teknologi ini memiliki keunggulan yaitu saat baterai ponsel tersebut mati, maka kita akan tetap dapat dihubungi.

5. The Internet of Things

The Internet of Things (IoT) adalah konsep di mana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet. Ide awal IoT pertama kali dikemukakan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999. Contohnya seperti orang dengan monitor implan jantung atau hewan peternakan dengan transponder biochip.

Menurut Gartner, sebuah perusahaan analisis, pada tahun 2020 akan ada lebih dari 26 miliar perangkat yang terhubung. Itu termasuk koneksi yang sangat banyak, bahkan ada beberapa yang memperkirakan bahwa angka tersebut akan lebih tinggi lagi, yaitu 100 miliar perangkat yang terhubung.

Cara kerja dari IoT adalah kita berinteraksi dengan barang-barang yang tidak berada di sekitar kita hanya dengan menggunakan internet. Contohnya, saat kita berada di luar rumah dan kita lupa untuk mengunci rumah, maka kita mengirim pesan melalui smartphone, lalu diterima perangkat IoT, kemudian perangkat IoT memberikan perintah untuk modul selonoid doorlock, setelah itu kunci bergerak dan pintu akhirnya terkunci. Tidak hanya dengan smartphone, menggunakan handphone jadul pun juga bisa.

Itulah 5 inovasi teknologi yang mengubah dunia. Semoga memberikan kamu inspirasi untuk terus berinovasi!

Post a Comment