Back

Kemajuan yang terjadi pada saat ini tidak lepas dari adanya penemuan hebat yang terdahulu. Penemu adalah orang-orang yang berhasil menemukan sesuatu yang bermanfaat yang dapat digunakan untuk perkembangan kehidupan manusia. Banyak sekali inventor dan ilmuwan di dunia yang berhasil menemukan sesuatu yang bermanfaat. Berikut ini 5 penemu di dunia beserta penemuannya:

1. Charles Babbage, Penemu Komputer

Sumber: Wikipedia

Komputer modern dan jejaring internet berasal dari sekian banyak temuan sebelumnya: mesin hitung mekanik, pemrograman, transistor, chip, peranti lunak, antarmuka grafis, dan macam-macam lagi.

Charles Babbage merupakan ilmuwan yang tercatat sebagai penemu komputer pertama, yang banyak memberikan karyanya pada kehidupan manusia. Ia juga dikenal dengan julukan “Bapak Komputer”. Bahkan The Charles Babbage Foundation memakai namanya untuk menghargai kontribusinya terhadap dunia komputer.

Charles Babbage lahir di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Southwark, London, Inggris, pada 26 Desember 1791. Babbage memang memiliki kelebihan dalam bidang matematika yang sangat menonjol.

Tahun 1821 sampai dengan 1832, Babbage menciptakan berbagai mesin hingga akhirnya mampu menyelesaikan tidak hanya satu jenis, namun berbagai jenis operasi aritmatika. Namun, sebelum bertemu dengan Ada Countess of Lovelace, anak dari Lord Byron, karya Babbage tidak terkenal.

Tahun 1828 sampai 1839, Babbage medapat gelar the Lucasian chair of mathematics (gelar professor matematika paling bergengsi di dunia) dari Universitas Cambridge. Selain mesin hitung, Babbage juga menciptakan sistem pos modern di Inggris, menyusun tabel asuransi pertama yang dapat diandalkan, menemukan locomotive cowcather dan beberapa lainnya.

Komputer yang ditemukan oleh Babbage menjadi sumbangan paling bermanfaat bagi umat manusia. Dan temuannya terus dikembangkan terutama penemuan komputer modern yang dibuat oleh Alan Turing. Saat ini komputer menjadi alat penunjang dalam kehidupan manusia dan bentuknya pun semakin modern dan semakin canggih dari personal komputer, laptop hingga super komputer.

2. Alessandro Volta, Penemu Baterai

Sumber: Wikipedia

Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Volta atau Alessandro Volta, tercatat sebagai penemu baterai pertama kali. Volta lahir di Como, Italia pada tanggal 18 Februari 1745.

Volta merupakan seorang fisikawan dan pertama kali dikenal karena mengembangkan baterai pada tahun 1800. Dan atas temuan ini, satuan beda potensial listrik dinamakan “volt.”

Tahun 1776 sampai dengan 1777, Volta menemukan metana dengan mengumpulkan gas di rawa-rawa serta melakukan percobaan pembakaran metana oleh percikan listrik di dalam wadah tertutup. Pada tahun 1800, baterai yang dibuat oleh Volta dikreditkan sebagai sel elektrokimia pertama.

Volta pensiun di tahun 1819 dan meninggal pada 5 Maret 1827. Volta dimakamkan di Camnago Volta. Sebuah museum di Como, Gedung Voltian, telah dibangun untuk menghormati Volta dan di dalamnya terdapat beberapa peralatan asli yang ia digunakan untuk melakukan percobaan.

Sekarang baterai bisa kita temui dan memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Penemuan baterai sangat berguna dan mempengaruhi perkembangan teknologi. Tidak terbayang kan jika segala perangkat yang membutuhkan listrik harus tersambung dengan kabel?

3. Martin Cooper, Penemu Handphone

Photo Credit: Eric Risberg

Martin Cooper, inventor handphone pertama, tidak menyangka bahwa telepon selular bisa sekecil sekarang ini hingga bisa dibawa ke mana saja sesuai dengan tuntutan zaman nirkabel seperti ini.

Martin Marty Cooper dilahirkan pada tanggal 26 Desember 1928 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Ia merupakan pemimpin tim insinyur dari Motorola yang mengembangkan perangkat genggam ponsel yang berbeda dari telepon mobil (Car Phone), CEO dan pendiri ArrayComm, sebuah perusahaan yang bekerja dalam penelitian teknologi Smart Antena dan mengembangkan jaringan nirkabel, dan merupakan Direktur Penelitian dan Pengembangan Motorola.

Pada tahun 1954, Cooper bekerja di Motorola dan berperan penting dalam menghubungkan informasi yang tak terbatas ke antar kota.

Cooper dan para insinyur yang bekerja untuknya, mempatenkan penemuan “Radio Telephone System” kemudian disetujui pada September 1975 atas nama mereka. Cooper dianggap sebagai inventor pertama telepon genggam seluler pertama dan orang pertama yang melakukan panggilan dengan prototipe ponsel genggam seluler tersebut pada 3 April 1973. Kejadian yang bersejarah tersebut disaksikan di muka umum di depan wartawan dan orang orang yang lewat di jalan kota New York. Panggilan pertama ditujukan kepada Dr. Joel S. Engel, kepala riset di Bell Labs. Kalimat pertama yang diucapkan adalah “Joel, I’m calling you from a ‘real’ cellular telephone. A portable handheld telephone.”

4. Ray Tomlinson, Penemu E-mail

Sumber: The Verge

Raymond Samuel Tomlinson atau Ray Tomlinson dilahirkan pada tahun 1941 di Amsterdam, New York, Amerika Serikat.
Pada tahun 1967, Ray Tomlinson bergabung dengan perusahaan teknologi bernama Bolt, Beranek and Newman yang sekarang dikenal dengan nama BBN Technologies, dan diminta untuk mengubah sebuah program SNDMSG, yang mengirim pesan ke pengguna lain dari komputer time-sharing, untuk dapat dijalankan pada TENEX. Dia menambahkan kode yang diambil dari CPYNET ke SNDMSG (send message) sehingga pesan dapat dikirim ke pengguna pada komputer lain. Inilah yang menjadi cikal bakal dari munculnya e-mail atau electronic mail.

Raymond Tomlinson menemukan e-mail atau elektronik mail berbasis internet akhir tahun 1971 di ARPAnet. E-mail memiliki kemampuan untuk mengirim pesan sederhana kepada orang lain melalui jaringan.

E-mail pertama yang dikirim oleh Raymond Tomlinson di antara dua komputer yang benar-benar duduk di samping satu sama lain. Dan pesannya adalah “QWERTYUIOP.”

5. Ir. Tjokorda Raka Sukawati, Penemu Sistem Jalan Layang

Tjokorda Raka Sukawati lahir di Ubud Bali, 3 Mei 1931. Ia merupakan seorang insinyur Indonesia yang menemukan konstruksi Sosrobahu, yang memudahkan pembangunan jalan layang tanpa mengganggu arus lalu lintas pada saat pembangunan.

Yang melatarbelakangi beliau untuk membangun sistem ini karena pada tahun 1980-an, Jakarta sudah mengalami kendala kemacetan lalu lintas, banyak membangun jalan layang sebagai salah satu solusi meningkatkan infrastruktur lalu-lintas.

Pompa hidrolik bisa dipakai untuk mengangkat benda berat dan bila bertumpu pada permukaan yang licin, benda tersebut mudah digeser menjadi inspirasi beliau. Tjokorda menyempurnakan temuannya dengan memperhatikan posisi dongkrak ditentukan persis di titik berat lengan beton di atasnya.

Uji coba langsung di lapangan dilakukan pada tanggal 27 Juli 1988 pukul 10 malam dan pada pemasangan ke-85, awal November 1989, Presiden Soeharto ikut menyaksikannya dan memberi nama teknologi itu Sosrobahu yang diambil dari nama tokoh cerita sisipan Mahabharata. Sejak itu Landasan Putar Bebas Hambatan (LBPH), sebuah landasan putar untuk lengan beton, dikenal sebagai Teknologi Sosrobahu.

Itulah ulasan mengenai 5 penemu dan penemuannya. Semoga menambah pengetahuanmu, ya!

Post a Comment