Back

Saat ini, berbagai usaha kreatif inovatif nan menarik sudah banyak ditemukan di sekitar kita. Para wirausahawan saling berlomba-lomba menumpahkan ide usaha kreatif inovatif yang berbeda dengan sebelumnya. Bukan hanya mencari variasi semata, namun juga untuk memberikan sesuatu yang unik dan berbeda dari para kompetitornya. Hal ini disebabkan karena persaingan dalam bisnis yang kian pesat, terlebih ketika kita telah memasuki era digital seperti sekarang.

Besarnya antusiasme dan perhatian masyarakat akan sesuatu yang berbeda dan unik membentuk segmentasi tersendiri di kalangan wirausaha. Usaha kreatif inovatif ini merupakan sebuah konsep usaha yang menggabungkan antara informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan sebagai faktor utama penggerak perekonomian.

Pisang yang sebelumnya hanya dijual menjadi pisang goreng, pisang cokelat, pisang bakar, ataupun kue pisang, saat ini ternyata bisa disulap menjadi makanan yang ramai diperbincangkan dan banyak dicari. Ya, sebut saja nugget pisang. Nugget yang sebelumnya berbahan dasar ayam kini diolah dengan menggunakan pisang sebagai bahan utamanya.

Hal menarik lainnya dari nugget pisang ini yaitu karena topping-nya yang unik dan bisa menggoyang lidah untuk segera menyantapnya. Nugget pisang hadir dengan berbagai variasi topping seperti cokelat, keju, teh hijau, dan masih banyak varian lainnya. Pisang nugget yang tengah menjadi tren khususnya di kalangan anak muda ini tidak sulit untuk didapat. Selain bisa didapat dengan membeli secara langsung, pisang nugget ini juga bisa di pesan melalaui layanan transportasi online yang menyediakan layanan pesan makanan.

Pisang nugget merupakan satu dari banyak dari contoh usaha kreatif dan inovatif yang ramai diperbincangkan di tahun 2017. Memasuki tahun 2018 yang hanya tinggal hitungan bulan, bahkan minggu ternyata berpotensi melahirkan usaha yang kreatif dan inovatif. Tidak hanya di bidang kuliner, tapi usaha ini bisa juga diterapkan pada berbagai jenis bisnis.

Berikut ini merupakan ide usaha kreatif inovatif yang diprediksi akan besar di tahun 2018

1. Startup

Sejak memasuki era digital dan maraknya penggunaan internet, satu persatu startup pun bermunculan. Telebih ketika pemerintah mengumumkan dukungannya pada usaha ini dengan menginisiasi gerakan seribu startup sebelum 2020 mendatang. Gerakan ini menjadi salah satu misi untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi digital di Asia Tenggara.

Jika saat ini kita mengenal Gojek, Tokopedia, Traveloka dan lain-lain. Tidak menutup kemungkinan akan hadir startup-startup lainnya di tahun 2018 mendatang, bahkan banyak investor dari luar negeri yang melirik usaha startup ini.

Tentunya, peluang besar mendirikan usaha ini juga ada di tangan Anda. Jika Anda tertarik namun bingung untuk memulai startup jenis apa, Anda bisa melihat kira-kira apa yang menjadi kebutuhan pasar dan Anda bisa langsung buat aplikasinya.

Karena ini merupakan usaha digital, selain melihat kebutuhan pasar Anda juga harus membekali diri dengan pengetahuan seputar startup ini. Bagaimana cara memulainya, apa saja hal yang harus diperhatikan dan hal lainnya seputar startup.

2. Digital Agency

Di era digital, jasa digital agency pun semakin dibutuhkan sebagai sarana promosi bagi perusahan-perusahaan online. Digital agency ini merupakan suatu usaha yang menawarkan jasa periklanan dengan memanfaatkan internet. Penggunaan internet sebagai medium promosi ini bisa menjadi sarana pemasaran produk agar bisa dikenal luas.

Jika advertising agency konvensional menawarkan jasa untuk beriklan dengan menggunakan banner yang dipasang di jalan atau membuat iklan di televisi, digital agency ini membuat banner tersebut bisa dilihat melalui website.

Berada di halaman awal Google dan banyak orang yang mengklik iklan atau website kita memang harapan bagi para pengusaha. Dengan digital agency ini tidak sulit merealisasikan itu semua.

3. E-commerce

Peluang usaha ini semakin menjamur sejak awal kemunculannya. Di tahun 2018 mendatang usaha online ini masih akan tetap menjadi usaha favorit. Bukan tanpa alasan, karena saat ini sudah banyak masyarakat yang memilih segalanya serba praktis, sehingga urusan belanja segala kebutuhan dilakukan secara online. Hal ini juga karena transaksinya yang bisa dilakukan secara digital, sehingga konsumen hanya mengklik apa yang menjadi kebutuhannya, melakukan transaksi dan menunggu hingga barang yang dipesan dan diantar. Hal ini cukup praktis terutama bagi masyarakat di kota-kota besar yang semakin hari semakin sibuk.

4. Usaha Kuliner Kreatif

Seperti diketahui, usaha kuliner kreatif kini sedang marak di kalangan masyarakat Indonesia. Sebut saja nugget pisang seperti yang telah dijelaskan di awal, atau berbagai usaha dengan olahan mangga yang dikemas secara unik dan menarik. Tentunya, bukan hanya tampilannya yang unik saja, tetapi rasanya yang juga nikmat. Untuk bisa membangun usaha kuliner kreatif ini, Anda harus pandai mencari informasi dan melihat usaha yang saat ini sudah ada sehingga Anda bisa memodifikasinya dengan kreativitas Anda sendiri.

Sebagai contoh, jika selama ini kita mengenal burger merupakan roti yang berisi daging dan sayuran, Anda bisa membuat burger dengan variasi lain. Misalnya mie burger, dengan mengganti roti menjadi mie, atau burger tempe, dengan tempe yang menjadi pengganti daging. Membangun usaha kuliner kreatif ini tidak sulit jika Anda pandai melihat peluang.

5. Pengelola Acara

Mengingat tingkat kesibukan masyarakat kota yang semakin tinggi, tentu membuat mereka tidak sempat untuk mempersiapkan berbagai acara, misalnya ulang tahun anak. Untuk itu, umumnya mereka membutuhkan pihak lain untuk mengatur dan mempersiapkan segala kebutuhan acara tersebut. Ya, siapa lagi jika bukan jasa pengelola acara.

Jasa pengelola acara ini kita kenal dengan sebutan event organizer, event management, event planner, atau bahkan party planner. Layanan yang diberikan yaitu untuk acara-acara pernikahan, ulang tahun, pertemuan, reuni, acara outbound, dan berbagai acara lainnya. Meskipun sudah banyak yang menjalankan usaha ini, tapi peluang bagi Anda masih ada jika Anda jeli melihat peluang dan menggali ide kreatif Anda untuk membuat konsep acara yang unik dan menarik.

Inilah Alasan Mengapa Seorang Wirausaha Harus Kreatif

Dunia usaha merupakan dunia yang unik, bersikap inovatif dan kreatif adalah kunci keberhasilan dari suatu usaha. Hal ini karena dunia usaha yang terus berkembang, terutama ketika internet mulai memasuki kehidupan manusia. Usaha apapun tidak akan berkembang jika tidak ditunjang dengan kemampuan menciptakan sesuatu yang baru setiap harinya. Kreativitas dari para wirausaha ini akan sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang dan untuk kelangsungan usaha itu sendiri.

Kreativitas bagaikan mata air yang harus dijaga agar jangan sampai mengering dengan cara terus belajar dan menggali kreativitas itu. Demikian ulasan mengenai 5 Ide Usaha Kreatif Inovatif yang Bakal Besar di Tahun 2018. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk menjadikan bisnis Anda lebih baik lagi. Bagi yang belum memiliki usaha, inilah waktunya! Semoga bermanfaat!

Post a Comment