Back

Bisnis kuliner memang menjadi bisnis yang tidak pernah sepi peminat. Di setiap penjuru tempat kita pasti menemukan banyak varian dari bisnis ini. Mulai dari kuliner tradisional, modern, makanan ringan, hingga yang saat ini sedang marak dijalankan banyak orang yaitu bisnis kuliner unik. Bisnis kuliner bisa saja masuk kategori tradisional, modern, atau temuan resep-resep makanan dan minuman baru, yang penting harus sesuai dengan namanya yaitu menonjolkan sisi uniknya.

Kuliner ini memang jenis usaha yang benar-benar unik dan belum pernah ada sebelumnya. Para pelaku usaha mencurahkan segala idenya untuk membuat bisnis yang mulanya biasa menjadi luar biasa, sehingga bisa menarik banyak pelanggan. Tidak jarang, kuliner jenis ini banyak menarik masyarakat untuk mencobanya karena keunikan tersebut.

Banyak sekali kuliner unik yang bisa ditemukan di sekitar kita. Dan berikut ini merupakan 5 usaha kuliner unik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia:

1. Nasi Liwet Bancakan

Sumber: Liputan 6

Nasi liwet merupakan jenis hidangan yang telah ada sejak lama. Tidak hanya untuk hidangan sehari-hari, tetapi juga menjadi bagian dari beberapa tradisi daerah. Menyantap nasi liwet beramai-ramai juga merupakan tradisi lama. Di beberapa daerah, tradisi ini memiliki nama khusus seperti megibung di Bali, bancakan di Sunda, dan lain-lain.

Saat ini nasi liwet bancakan menjadi tren makanan yang banyak dibicarakan masyarakat, bahkan kaum urban sekalipun. Mengonsumsi nasi liwet bersama keluarga dan sahabat dengan beralas daun pisang kini banyak dilakukan oleh masyarakat di kota besar.

Menurut ahli kuliner Indonesia, William Wongso seperti dikutp dari Tribunnews.com, tren tersebut ingin menghadirkan kebiasaan sejak dulu di kelompok-kelompok masyarakat tertentu. Makan bersama dengan nasi liwet ini banyak dilakukan di pesantren-pesantren Islam Jawa.

Menu nasi liwet ini terdiri dari nasi, lauk ikan manis, ikan tawar, ikan asin, tahu, tempe, lalapan, sambal terasi dan pencok kacang. Banyak juga penjual yang menambahkan kerupuk untuk disantap bersama nasi liwet ini.

Saat ini tren nasi liwet telah merambah hingga ke media sosial seperti Instagram. Banyaknya netizen yang mengabadikan foto-foto kebersamaannya menyantap nasi liwet ini yang menjadikannya viral. Bahkan, ada artis Tanah Air yang juga membuka usaha dengan salah satu menu andalannya yaitu nasi liwet.

2. Martabak dengan Variasi Isi dan Topping

Sumber: Detik Food

Martabak telah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Saking banyaknya yang menyukai martabak, kedai martabak pun bermunculan di mana-mana. Jika dulu kita hanya mengenal martabak manis dengan topping wijen, cokelat, kacang, dan keju, kini martabak hadir dengan banyak varian rasa. Ya, variasi martabak yang tak biasa ini karena martabak kini hadir dengan aneka topping yang unik.

Beberapa tren martabak saat ini yaitu martabak dengan variasi topping es krim gelato, martabak delapan rasa yang menyajikan aneka topping seperti Nutella, Ovomaltine, keju parut, Oreo, wafer cokelat, hingga permen. Selain itu ada juga martabak dengan topping Kit Kat green tea hingga durian.

3. Ayam Geprek

Sumber: IDN Times

Daging ayam menjadi makanan yang hampir semua orang suka. Banyaknya berbagai olahan ayam, mulai dari ayam goreng, semur ayam, ayam asam manis, dan lainnya. Salah satu olahan daging ayam yang saat ini sedang populer yaitu ayam geprek.

Ayam geprek mulanya hanya terdiri dari dua bahan dasar yaitu ayam goreng dan sambal yang dilumatkan di atasnya. Namun kini, banyak variasi rasa dari ayam geprek yang menjadikannya populer terutama di kalangan anak muda. Kuliner yang berasal dari Jawa Tengah ini kini semakin populer di Jakarta. Tidak sedikit pula yang menjadikan makan ayam gepreng ini sebagai tantangan untuk membuktikan siapa yang paling tahan pedas. Ayam geprek memang menghadirkan sambal dengan tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan dengan selera.

Ayam geprek pun kini memiliki variasi unik, di antaranya ayam geprek dengan tambahan sayur, saus teriyaki, hingga keju mozzarella.

4. Bakso

Sumber: 80 Plates

Bakso menjadi kuliner yang juga banyak diminati masyarakat. Di media sosial seperti Instagram saja banyak akun kuliner yang memperlihatkan sajian bakso unik yang tentunya menggugah selera, salah satunya jenis bakso yang tidak biasa seperti bakso beranak. Bakso ini merupakan bakso dengan ukuran yang super besar atau jumbo yang dengan isian bakso kecil di dalamnya.

Bakso mangkok juga tidak kalah unik, ukuran bakso ini bisa dikatakan hampir sama dengan bakso beranak, tapi bakso yang besar ini dimanfaatkan sebagai mangkok dengan isian bakso berukuran kecil, mie, dan bihun.

Selanjutnya ada juga bakso gepeng yang beda dari lainnya karena bentuknya yang gepeng. Bagi pecinta pedas, bakso mercon mungkin menjadi kuliner yang tidak boleh anda lewati, karena bakso ini berisi sambal yang pedasnya bisa membuat lidah seperti meledak.

5. Sate Taichan

Sumber: Kompas Travel

Sebelumnya kita hanya mengenal beberapa jenis sate yaitu sate kambing, sate ayam, dan sate padang. Tapi kini sate hadir dengan varian lain dengan nama sate taichan. Jika mendengar namanya, mungkin banyak di antara kita yang mengira makanan ini berasal dari Korea Selatan atau Jepang, padahal makanan ini berasal dari Indonesia. Uniknya sate taichan ini yaitu tidak menggunakan bumbu seperti sate pada umumnya. Memang sekilas jauh dari kata menggoda karena sate ini berwarna putih karena sate ayam ini dibuat tanpa menggunakan kecap maupun bumbu kacang tapi hanya ditaburkan garam, jeruk dan sambal di atasnya.

Sate taichan ini pertama kali dipelopori oleh Amir yang berjualan sate di kawasan Senayan, Jakarta Pusat. Dikutip dari Kompas.com, awal mula sate ini diberi nama thaican karena ada laki laki dari Jepang dan perempuan dari indonesia yang datang, kemudian si laki-laki membuat sate sendiri, ia taburi garam ke dagingnya bersama dengan jeruk nipis dan juga sambal. Ketika itu Amir bertanya apa nama sate tersebut? Orang tersebut menjawab
‘thaican.’

Demikian ulasan mengenai 5 Usaha Kuliner Unik yang Hanya Bisa Ditemukan di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Post a Comment