Back

Saat ini, teknologi telah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar manusia. Teknologi memang sangat memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Jika dulu kita membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengirimkan surat kepada sanak saudara yang jaraknya jauh, kini hanya dalam hitungan menit pesan yang kita sampaikan bisa langsung diterima.

Jika kita perhatikan, hampir setiap hari ada saja hal-hal baru yang terjadi di sekitar kita. Kemajuan teknologi yang nyaris tanpa batas ini tak jarang membuat masyarakat tercengang akan kehebatan yang dihasilkan. Tak jarang juga teknologi yang dihasilkan menimbulkan kehebohan di kalangan masyarakat hingga menggemparkan dunia.

Bagi sebagian besar orang, terutama orang-orang awam, adanya mobil yang mampu terbang adalah hal yang mustahil, karena untuk saat ini alat transportasi yang mampu terbang hanyalah pesawat atau helikopter saja. Atau kita juga belum tahu pasti kapan ada mobil yang mampu berjalan tanpa pengemudi. Bisa Anda bayangkan betapa masa depan manusia semakin dimudahkan berkat kemajuan teknologi, karena tidak menutup kemungkinan kita bisa tidur ketika sedang naik mobil sendirian karena mobil secara otomatis bisa berjalan sendiri. Teknologi tersebut tengah dikembangkan oleh para ilmuwan agar mampu memudahkan kehidupan manusia. Memang banyak penemuan terbaru yang membuat masyarakat heboh, apakah konsep teknologi seperti itu benar-benar mampu diaplikasikan atau tidak.

Penemuan Terbaru yang Menggemparkan Dunia

Seperti yang telah dijelaskan, banyak reaksi masyarakat ketika mengetahui suatu teknologi terbaru. Berbagai reaksi ini mulai dari yang biasa saja hingga menyebabkan kehebohan di kalangan masyarakat yang pada akhirnya mampu menggemparkan dunia. Berikut ini 5 contoh penemuan terbaru yang menggemparkan dunia:

AeroMobil

Sumber: REUTERS/Jean-Paul Pellssler

 

Bagi masyarakat yang tinggal di kota macet seperti Jakarta, mobil ini pasti bagaikan penyelamat. AeroMobil merupakan perpaduan antara pesawat terbang dengan mobil yang bisa dijalankan baik di darat maupun di udara. Mobil terbang pertama di dunia ini berasal dari perusahaan Slovakia yang memperkenalkan konsep purwarupa dengan menggabungkan fungsi mobil dan pesawat terbang menjadi satu.

Perpaduan mobil dan pesawat ini menghasilkan kombinasi menarik yang didukung dengan teknologi canggih di dalamnya. Selain itu, AeroMobil juga dilengkapi dengan sistem aviasi, auto pilot kendaraan, serta peredam kejut untuk melakukan take off dan pendaratan di medan yang kasar.

Mobil terbang dengan dua kursi untuk pengemudi dan satu penumpang di dalamnya ini memiliki kecepatan hingga 160km/h saat berjalan di darat dan 200km/h saat mengudara layaknya pesawat terbang, AeroMobil juga memiliki sayap sebagai penyeimbang ketika berada di udara. Mobil ini bisa berjalan di atas aspal dan ketika terjebak di tengah kemacetan, bisa mengubah fungsi ke mode terbang.

Mobil Otonom

Sumber: wikimedia commons/BP63Vincent

Saat ini persaingan di bidang otomotif semakin panas karena para produsen berlomba-lomba untuk mengembangkan mobil tanpa pengemudi atau mobil otonom. Sejumlah perusahaan ternama seperti Ford, Tesla, Google, dan Intel telah berencana menyematkan teknologi yang mereka miliki pada mobil otonom.

Mobil otonom dirancang menggunakan banyak sensor yang mampu mengenali lingkungan sekitarnya. Sensor ini juga mampu mengumpulkan banyak data tentang lingkungan dan kondisi jalan sekitar. Seperti dilansir dari CNN Indonesia, Danny Shapiro selaku Direktur Senior Unit Bisnis Otomotif India mengatakan bahwa sensor hanyalah representasi sosok manusia yang memiliki kemampuan melihat dan merasakan kondisi sekitar. Jadi, sensor hanyalah pengganti indera manusia saat berkendara.

Beberapa sensor yang digunakan ini berupa kamera, GPS, laser, sensor ultrasonik, dan radar. Mobil otonom juga memiliki kemampuan untuk membuat keputusan dari setiap informasi yang diterima, seperti kapan harus menginjak pedal gas, rem, berputar arah hingga berbelok karena mobil otonom memiliki otak yang mampu berbicara dan memproses data.

AI dan Advance Machine Learning

Sumber: Pixabay

AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan dan Advance Machine Learning merupakan dua teknologi yang akan populer karena kemampuannya untuk mempelajari, mengerti, memperkirakan, beradaptasi, dan berpotensi untuk melakukan pekerjaan manusia secara mandiri.Al dan Advance Machine Learning ini dapat difungsikan pada robot, smart advisor, alat elektronik untuk konsumen, hingga pada kendaraan otonom.

Jangan heran apabila beberapa tahun ke depan akan mulai muncul berbagai peralatan cerdas yang memanfaatkan kedua teknologi ini. Teknologi AI dan Advance Machine Learning berperan sebagai benih dari robot yang mampu hidup berdampingan dengan manusia. Untuk AI sebenarnya sudah diterapkan oleh beberapa perusahaan teknologi besar seperti Apple, Google, dan Microsoft yang berlomba untuk menciptakan teknologi algoritma ini. Contohnya adalah pada ponsel Google Pixel yang sudah dilengkapi dengan Google Assistant.

Digital Twin

Sumber: MBT Mag

Digital twin merupakan model virtual dari aset fisik pada mesin, yaitu sebuah model komputer. Teknologi ini mampu memahami keadaan, merespon perubahan, meningkatkan operasi, dan juga menambah nilai. Digital twin dirancang untuk mempermudah manusia mengumpulkan infromasi berbasis data dan melakukan prediksi yang akurat untuk pengambilan keputusan yang berpengaruh terhadap produktifitas sebuah perusahaan.

Teknologi ini bisa membantu perusahaan untuk meningkatkan produktifitas dan juga keuntungan. Sistem ini mampu menggantikan sumber daya manusia dalam hal perencanaan jasa, hingga memperbaiki kerusakan pada peralatan operasi sebuah perusahaan.

Intelligent Apps

Sumber: Flickr/Mike Lau

Teknologi lain yang membuat hidup terasa mudah yaitu Intelligent App, seperti virtual asisten. Seperti dilansir dari Koran Jakarta, diperkirakan virtual asisten berpotensi mengubah keadaan kantor dengan kemampuannya dalam membantu mengerjakan tugas sehari-hari. Dalam jangka waktu 10 tahun ke depan, setiap aplikasi dan layanannya akan menggunakan beberapa jenis AI.

Virtual asisten saat ini menjadi fitur yang wajib ada pada perangkat pintar yang mampu melakukan sejumlah tugas dengan perintah suara dari pengguna. Contohnya seperti Siri, virtual asisten buatan Apple yang pertama kali dikenalkan pada iPhone 4S. Siri mampu mempelajari kebiasaan pengguna dan mengerti perintah yang diberikan seperti melakukan pemesanan transportasi online, mengirim pesan pesan, hingga menjadwalkan pertemuan. Ada juga Alexa yang dikembangkan oleh Amazon sebagai sistem berbasis perintah suara yang memiliki kemampuan menangkap perintah untuk menyalakan lampu atau menyetel lagu di rumah.

Teknologi dinilai memiliki andil yang cukup besar di berbagai bidang kehidupan terutama pada bidang ekonomi. Pada hakikatnya, hadirnya teknologi ini mempermudah dan bermanfaat bagi manusia. Siapa pun Anda, jika terus mau belajar dan mendapatkan ilmu dari mana saja secara konsisten pasti bisa berinovasi menciptakan ide-ide kreatif. Demikian ulasan mengenai 5 penemuan terbaru yang mampu menggemparkan dunia. Semoga bermanfaat.

Post a Comment