Back

Saat ini, kehidupan kita dipenuhi dengan berbagai penemuan baru. Banyak sekali inovasi di berbagai bidang yang dapat kita temui dan umumnya bermanfaat bagi kehidupan manusia. Di bidang teknologi informasi, kita tentu melihat perbedaan antara handphone saat ini dengan handphone sebelumnya. Hampir semua produk handphone yang ada saat ini menggunakan teknologi touch screen yang semakin memudahkan penggunanya.

Belum lagi kecanggihan internet yang saat ini sudah memasuki era 4G, sehingga membuat komunikasi semakin tidak terhalang jarak dan waktu. Tanpa disadari, inovasi yang ada telah mengubah kehidupan manusia. Pekerjaan kita jadi lebih cepat dan efisien, karena memang esensi dari lahirnya inovasi-inovasi ini adalah untuk memudahkan manusia dalam menjalani kegiatan sehari-harinya.

Penemuan atau inovasi yang ada juga umumnya meninggalkan banyak respon di kalangan masyarakat. Ada yang terkagum-kagum sehingga ingin segera memiliki inovasi tersebut, ada juga yang merasa heran mengapa suatu alat, benda, atau teknologi apapun bisa diciptakan karena temuan tersebut dinilai sangat sepele.

Memang banyak sekali inovasi di sekitar kita yang umumnya dianggap sepele namun ternyata bisa mengubah hidup banyak orang karena fungsi dan manfaat yang diberikannya. Berikut ini merupakan inovasi sepele yang bisa mengubah hidup banyak orang:

1. Telur Rebus dalam Kemasan

(Sumber: Brightside.me)

Apa yang terlintas di benak Anda ketika pertama kali mengetahui ada telur rebus dalam kemasan? Banyak orang mungkin tidak menyangka, karena memasak telur rebus sendiri merupakan kegiatan yang sangat mudah dan cepat. Tapi, tidak semua orang menganggap demikian. Padatnya pekerjaan di kantor membuat banyak masyarakat sibuk seharian sehingga untuk sekedar merebus telur saja mereka tidak sempat. Telur rebus ini pun akhirnya dipilih oleh mereka yang ingin menghemat waktu. Di Indonesia memang keberadaan telur rebus dalam kemasan masih asing. Tapi di Jepang, telur rebus banyak beredar di supermarket. Tentunya sangat berguna sekali ya telur rebus ini. Selain menghemat waktu, asupan gizi pun terpenuhi.

2. Gunting Pizza

(Sumber: twentytwowords)

Siapa yang tidak mengenal Pizza? Makanan asal Italia ini memang jadi favorit banyak orang. Saking banyaknya yang menggemari makanan ini, banyak yang mencoba untuk membuat pizza sendiri di rumah. Memotong pizza pun kini bukan lagi menjadi masalah ketika ingin memakan pizza. Alat yang satu ini sangat bermanfaat meskipun terkesan sepele. Dengan adanya gunting pizza, Anda bisa memotong pizza dengan rapih dan sempurna. Lelehan keju di pizza yang terkadang sulit dipotong pun jadi terasa mudah, sehingga potongan gunt ing pizza ini tetap rapi dan tidak merusak topping yang sudah dihias dengan menarik.

3. Parutan Mentega

(Sumber: Brightside.me)

Roti menjadi hidangan yang banyak dipilih untuk sarapan dan biasa diolah dalam berbagai varian, mulai dari roti bakar hingga sandwich. Dalam mengolah roti menjadi hidangan sarapan, biasanya kita mengoleskannya dengan mentega, selai, dan aneka sayuran seperti selada atau mentimun. Tahukah Anda bahwa ternyata parutan mentega ini dibuat untuk mencegah pemborosan dalam menggunakan mentega? Untuk menggunakannya, mentega harus dalam keadaan dingin dan padat, masukkan ke dalam parutan sambil memutar sisi ujung alat. Parutan mentega ini juga bisa digunakan untuk membuat kue kering. Pembuatan kue yang renyah, biasanya menggunakan mentega beku yang kemudian diparut. Mentega parut ini dianggap bisa mempercepat adonan lembut dan mempercepat adonan tercampur rata.

4. Earphone Resleting

(Sumber: twentytwowords)

Mendengarkan musik menjadi hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Kapan pun dan di mana pun kita pasti sering menemukan orang dengan earphone di telinganya, baik ketika sedang naik kendaraan, sedang menunggu, sampai saat bekerja. Ya, musik memang menyenangkan dan membuat suasana hati jadi baik. Karena tidak bisa lepas dari musik dalam kehidupan sehari-hari, maka earphone pun menjadi barang penting yang harus dibawa kemana pun kita pergi. Tapi, pasti kita pernah bahkan sering direpotkan dengan tali earphone yang kusut. Untuk itulah diciptakan earphone resleting supaya earphone jadi lebih rapi dan tidak mudah kusut. Selain rapi, tentunya earphone resleting ini menarik, bukan?

5. Toothpaste Squeezer (Alat Penekan Pasta Gigi)

(Sumber gambar: twentytwowords)

Inovasi sepele yang terakhir ini adalah alat penekan pasta gigi. Bagi sebagian orang yang kehabisan pasta gigi, pasti langsung membeli yang baru tanpa susah payah menekan pasta gigi meskipun menggunakan alat. Lain halnya dengan anak kos yang hidup serba hemat agar uang bulanannya cukup. Alat penekan pasta gigi bisa menjadi solusi bagi mereka yang kehabisan pasta gigi. Tanpa harus menekan sekuat tenaga, alat ini bisa mengeluarkan sisa- sisa pasta gigi yang ada dengan cepat. Sangat membantu, kan? Mulai sekarang Anda juga bisa menghemat pengeluaran dengan menghabiskan sisa pasta gigi menggunakan alat ini.

Demikian ulasan mengenai 5 inovasi sepele yang mengubah hidup banyak orang. Karena esensi dari sebuah inovasi adalah menciptakan sesuatu yang baru dan berguna untuk menunjang dan memudahkan aktivitas atau pekerjaan manusia. Termasuk inovasi yang kelihatan sepele ini yang ternyata sangat berguna bagi banyak orang.

Anda juga memiliki banyak peluang untuk menciptakan berbagai inovasi lainnya. Untuk membuat suatu inovasi, Anda hanya perlu mencurahkan segala kreatifitas dan ide yang Anda miliki dan melihat ke sekeliling Anda untuk melihat apa saja yang sekiranya dibutuhkan banyak orang supaya mereka bisa menjalani hidup dengan mudah.

Menariknya, ketika Anda berhasil menciptakan suatu inovasi, Anda bisa mematenkan dan memberi merek hasil temuan tersebut untuk mendapatkan hak paten dan hak merek. Dengan adanya hak kekayaan intelektual ini, temuan Anda akan dilindungi sehingga jika ada yang ingin menggunakannya harus mendapat persetujuan dari Anda terlebih dahulu. Selain itu, bagi siapapun yang ingin menggunakan hak yang Anda punya harus membayar royalti yang telah ditetapkan sebelumnya. Bagaimana, sudah siap menjadi inovator berikutnya?

Post a Comment