Back

Teknologi diciptakan untuk kenyamanan hidup manusia. Jika berbicara mengenai teknologi, saat ini mungkin banyak yang mengasosiasikannya dengan alat komunikasi dan transportasi yang canggih seperti smartphone beserta fiturnya yang semakin memudahkan manusia dalam beraktivitas.

Tapi bagaimana dengan teknologi tepat guna?

Mungkin istilah teknologi tepat guna masih asing bagi sebagian masyarakat. Teknologi tepat guna merupakan jenis teknologi yang banyak ragamnya sesuai dengan bidang ilmu dan penerapannya. Umumnya, teknologi tepat guna  merupakan pilihan teknologi dan aplikasinya yang memiliki karakteristik terdesentralisasi, berskala kecil, hemat energi, padat karya, dan berkaitan erat dengan kondisi lokal. Teknologi ini dirancang untuk masyarakat tertentu sesuai dengan aspek lingkungan, keetnisan, budaya, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan.

Teknologi tepat guna diciptakan untuk membuat pekerjaan manusia semakin mudah serta mampu meningkatkan nilai ekonomi. Untuk itu, teknologi tepat guna harus menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat serta tidak bersifat polutif yang bisa menghasilkan banyak limbah dan mencemari lingkungan. Teknologi tepat guna inilah yang menjembatani antara teknologi tradisional dan teknologi maju yang jika dimanfaatkan dengan optimal, teknologi tepat guna ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu meningkatkan pendapatan serta mampu memberikan nilai tambah pada produk.

Sederhananya, teknologi tepat guna berupa barang-barang yang bisa diklasifikasikan ke berbagai bidang sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi. Selain itu, teknologi tepat guna mampu mempermudah dan mempersingkat waktu pekerjaan.

Macam-Macam Teknologi Tepat Guna

Teknologi tepat guna pun sudah lama dikembangkan oleh berbagai pihak yang meliputi berbagai bidang. Saat ini pun sudah banyak sekali teknologi tepat guna yang ada di sekitar kita. Berikut ini merupakan teknologi tepat guna berdasarkan bidangnya yang barangkali pernah Anda gunakan:

Bidang Pertanian

(Sumber: wikimedia commons/ignis)

Bidang pertanian banyak memanfaatkan teknologi tepat guna untuk memudahkan pekerjaan para petani. Teknologi ini juga dinilai lebih efektif dan efisien dan mampu meningkatkan kualitas panen yang dihasilkannya. Beberapa teknologi tepat guna di bidang pertanian di antaranya:

Mesin Penebar Pupuk

Jika sebelumnya masyarakat harus bersusah payah menyebarkan pupuk dan harus rata yang ternyata membutuhkan waktu tidak sebentar, kehadiran mesin penebar pupuk ini sangat membantu karena mampu menyebarkan pupuk lebih cepat dan rata dan tentunya tidak mengeluarkan energi sebanyak ketika menebarkan pupuk secara manual.

Mesin Perontok Padi

Jika sudah memasuki musim panen, para petani tentunya bersiap untuk melakukan perontokan padi dan kemudian menjualnya. Namun kegiatan merontokkan padi ternyata membutuhkan tenaga yang besar karena harus dipukul dan ditumbuk. Selain itu, merontokkan padi dengan cara ini juga beresiko membuat biji padi menjadi pecah dan menghasilkan beras yang kurang bagus. Sejak ditemukannya mesin perontok padi, para petani tentu sangat dimudahkan dalam merontokkan padi, selain itu alat ini juga mampu meningkatkan kualitas beras.

Mesin Pemipil Jagung

Ketika telah memasuki musim panen, sebelum jagung dijual biasanya dijemur dan dilakukan pemipilan terlebih dahulu. Pemipilan ini merupakan proses perontokan biji jagung dari tongkolnya yang prosesnya tidaklah mudah karena mampu menguras tenaga khususnya pada bagian jari-jari tangan. Jika dirasa tidak memiliki tenaga lagi, pasti proses ini akan dihentikan sejenak untuk beristirahat yang pada akhirnya membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya. Dengan menggunakan mesin pengupil jagung, proses pengupilan jadi lebih cepat, hemat tenaga dan tentunya waktu.

Bidang Transportasi

(Sumber: wikimedia commons/Mattfinnerty)

Teknologi yang diterapkan dalam bidang transportasi sudah banyak dilakukan, mulai dari ditemukannya sepeda, motor, pesawat, dan kapal. Saat ini pun sudah ada kendaraan seperti mobil dan motor yang ramah lingkungan karena menggunakan bahan listrik. Bidang transportasi semakin maju berkat adanya temuan-temuan baru yang lebih canggih dan memudahkan penggunanya, seperti mobil yang mampu terbang, mobil tanpa pengemudi, mobil yang dilengkapi dengan sidik jari, dan lain sebagainya.

Bidang Usaha Kecil

(Sumber: wikimedia commons/Brett L)

Pelaku usaha kecil membutuhkan berbagai teknologi tepat guna untuk mempermudah pekerjaannya. Contohnya pada pengusaha kripik buah, bayangkan betapa repotnya jika mereka harus mengupas serta mengiris buah yang akan mereka jual secara manual? Pasti akan sangat membutuhkan banyak tenaga dan waktu terutama jika buahnya sangat banyak. Dengan adanya teknologi tepat guna, pekerjaan pun akan lebih mudah dan banyak waktu untuk bisa menyelesaikan pekerjaan lainnya. Beberapa teknologi tepat guna di bidang ini yaitu:

Pengupas Ari Kedelai

Di pabrik-pabrik seperti pabrik kecap, tahu, tempe, atau pabrik lainnya yang berhubungan dengan kacang kedelai pasti harus melalui proses pengupasan kulit ari kedelai terlebih dulu. Dalam mengupas kulit air kedelai ini biasanya dilakuan dengan menginjak-injak kedelai, tapi dengan hadirnya mesin pengupas kulit ari, para pekerja tidak perlu menginjak-injak lagi. Selain kebersihannya yang lebih terjamin, hasil produksinya juga bisa meningkat. Selain mesin pengupas ari kacang kedelai, ada juga alat lainnya yai tu pengupas kacang mete. Jika sebelumnya kacang mete dikupas dengan menggunakan tangan, alat ini bisa menjadi solusi dari teknik lama yang melelahkan. Tentunya, hasilnya juga lebih berkualitas dan higienis.

Mesin Pengupas dan Pengiris Bawang

Mengupas dan mengiris bawang merupakan kegiatan yang tidak mudah. Pasalnya kita harus siap berderai air mata ketika mengirisnya. Selain itu juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar, terlebih jika bawang yang diperlukan dalam jumlah banyak. Dengan mesin pengupas dan pengiris bawang ini, pengirisan jadi lebih cepat dan hasil irisannya juga lebih bagus. Selain pengiris bawang, ada juga alat pengiris untuk keripik buah, seperti pisang, singkong, kentang dan lainnya.

Alat Tirisan Minyak

Banyak masyarakat khususnya penjual gorengan yang menggunakan koran bekas atau kertas lainnya untuk meniriskan minyak. Padahal meniriskan minyak menggunakan bahan tersebut berbahaya bagi kesehatan karena kandungan tintanya. Sejak diciptakannya alat peniris minyak ini, gorengan yang dihasilkan bisa semakin renyah dan tentunya minim sisa minyak.

Mesin Penggiling Daging

Alat ini digunakan untuk menggiling daging agar lebih halus yang biasanya diperlukan untuk pembuatan bakso, sosis, dan lain sebagainya.

Bidang Peternakan

(Sumber: pxhere)

Beberapa teknologi tepat guna pada bidang peternakan meliputi:

Mesin Penetasan Telur

Mesin penetasan telur ini bisa diterapkan untuk segala jenis telur seperti telur ayam, bebek, telur puyuh, dan lainnya. Dengan mesin ini, proses pengembang-biakkan unggas para peternak akan lebih cepat.

Mesin Pemerah Susu

Mesin ini dapat membantu para peternak sapi maupun kambing untuk memerah susu dengan mudah dan tentunya mampu memberikan hasil susu yang lebih segar.

Bidang Kedokteran

(Sumber: pixabay/falco)

Bidang kedokteran juga menggunakan teknologi tepat guna untuk membantu menangani pasien ataupun untuk proses pembuatan obat. Teknologi tepat guna di bidang kedokteran di antaranya alat pemeriksa kadar gula darah, kadar kolesterol, fungsi pencernaan, dan la innya. Selain itu ada juga teknologi CT scan, USG, dan lain-lain.

Bidang Pendidikan

(Sumber: wikimedia commons/Maria Cruz)

Beberapa tahun lalu, dalam proses belajar mengajar di sekolah masih menggunakan papan tulis beserta kapur yang berdebu. Tapi saat ini, bidang pendidikan telah mengalami kemajuan yang sangat pesat dengan adanya papan tulis yang bisa ditulis dengan spidol, papan tulis lipat, laptop, hingga proyektor sebagai alat yang menunjang kegiatan belajar mengajar jadi lebih efisien.

Demikian ulasan mengenai macam-macam teknologi tepat guna. Setelah membaca ulasan di atas kita tahu bahwa teknologi tepat guna ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Semoga dalam beberapa tahun ke depan semakin banyak teknologi yang diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Post a Comment