Back

Hal apa yang terpenting untuk membangun sebuah bisnis? Pasti jawabannya adalah modal usaha. Tanpa modal, hampir semua bisnis apa pun sulit dijalankan. Hal ini membuat pelaku usaha mencari berbagai macam cara untuk mendapatkan dana guna membangun atau pun mengembangkan sebuah bisnis. Meminjam sejumlah dana ke lembaga keuangan atau mencari investor untuk mendanai bisnis Anda merupakan hal yang umum dilakukan.
Berbicara mengenai pendanaan, Anda pasti mulai tidak asing dengan istilah crowdfunding. Perkembangan teknologi tidak ada habisnya. Setiap tahunnya, teknologi bergerak ke arah yang lebih maju yang membawa perubahan besar bagi kehidupan manusia. Sebagai salah satu dampak dari perkembangan teknologi, crowdfunding hadir sebagai solusi pendanaan.

Crowdfunding Indonesia sendiri merupakan salah satu jenis dari kategori fintech sebagai layanan yang bergerak di bidang pendanaan. Crowdfunding menjadi satu cara mendapatkan modal untuk suatu bisnis atau pun proyek dengan mengumpulkan dana dari banyak orang dengan menggunakan jaringan internet. Dengan adanya crowdfunding, siapa pun bisa mengutarakan idenya atas suatu produk atau proyek ke situs crowdfunding untuk mendapatkan modal usaha.

Cara Sukses Mendapatkan Pendanaan Lewat Crowdfunding di Indonesia

Ada banyak sekali platform crowdfunding yang tersedia di Internet. Tapi, meski siapa pun bisa melakukan crowdfunding, ada berbagai hal yang harus diperhatikan agar produk atau proyek yang ditawarkan sukses menarik banyak orang untuk memberikan pendanaan kepada Anda. Beberapa cara sukses untuk mendapatkan pendanaan lewat crowdfunding di Indonesia adalah sebagai berikut:

Produk yang Hebat

Apa pun jenis produk yang ditawarkan ke crowdfunding, pastikan bahwa produk tersebut diciptakan dengan memiliki banyak manfaat dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat. Anda perlu menjelaskan betapa pentingnya proyek yang sedang dikerjakan dan bagaimana itu bisa bermanfaat bagi banyak orang. Untuk menciptakan produk yang hebat ini bisa dilandasi dari pengalaman pribadi ataupun mengikuti tren yang ada.

Buat Target yang Realistis

Tidak sedikit orang yang membuat target besar dalam pengumpulkan dana. Padahal, jumlah target tersebut tidak benar-benar dibutuhkan untuk produknya. Pastikan Anda membuat target yang masuk akal dan realistis. Anda pasti sudah membuat rincian berapa banyak biaya yang dibutuhkan dan untuk biaya apa sajakah itu. Jangan membuat target dengan nilai tinggi, misalnya 300 juta, padahal yang dibutuhkan tidaklah sebanyak itu. Yang ada, orang-orang yang sudah berniat menyumbangkan dana, akan mengerutkan dahi karena bingung untuk apa sajakah biaya sebanyak itu. Selain itu, Anda juga bisa memperkirakan kira-kira siapa saja yang mau bersedia dan berkontribusi dalam produk atau proyek yang sedang Anda kerjakan.

Membuat Konten Video

Anda mungkin memberikan deskripsi mengenai produk dalam bentuk teks, tapi tahukah Anda bahwa memasarkan produk Anda dengan video memiliki peluang untuk mendapatkan perhatian dengan cepat. Anda bisa menjelaskan mengenai proyek atau produk yang sedang dikerjakan, manfaat apa yang didapatkan dari produk tersebut, bagaimana melibatkan banyak orang, dan bagaimana hal itu dapat terwujud.

Konten video bisa berisi ajakan supaya banyak orang yang tertarik dan berdonasi. Untuk membuat konten video pun tidak harus menggunakan properti yang mahal. Yang terpenting adalah konten video tersebut atraktif dan menarik yang berdurasi tidak terlalu lama (tidak lebih dari 3 menit).

Manfaat yang Diperoleh Pemberi Dana

Berikan perhatian dan apresiasi kepada penyandang dana pada proyek Anda, seperti mencantumkan nama mereka dalam media yang terpublikasi oleh masyarakat luas. Intinya, Anda perlu memberitahu manfaat apa yang diperoleh ketika seseorang berdonasi untuk produk atau proyek yang sedang Anda kerjakan. Selain berupa pencantuman nama, Anda juga bisa memberikan souvenir, stiker, dan lainnya sebagai ucapan terima kasih kepada penyandang dana.

Terus Update

Anda bisa melakukan update secara rutin dari setiap aksi yang sudah dilakukan. Hal ini bisa berupa update mengenai pencapaian target, berapa lama yang dibutuhkan untuk mencapai target tersebut, hingga respon positif yang telah diterima, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, mereka yang belum tahu dan belum ikut akan menjadi antusias. Untuk melakukan update, Anda bisa melakukannya per hari atau per minggu.

Sebagai konsep penggalangan dana dari publik, crowdfunding menjadi salah satu startup yang mulai dilirik di Indonesia, khususnya bagi para pelaku startup. Karena pada umumnya, yang menggalang dana melalui crowdfunding berada di sektor startup. Crowdfunding Indonesia sudah hadir sejak tahun 2012. Sampai saat ini, ada banyak startup crowdfunding yang ada di Indonesia.

Beberapa startup crowdfunding Indonesia meliputi KitaBisa, Wujudkan, dan AyoPeduli. KitaBisa merupakan situs crowdfunding yang utamanya ditujukan untuk proyek sosial. Tapi KitaBisa juga memfasilitasi proyek lainnya seperti di bidang bisnis, teknologi, dan lainnya.

Wujudkan merupakan situs yang kini telah melakukan kerja sama dengan XL Axiata. Wujudkan menerima berbagai jenis produk atau proyek asal memiliki tujuan dan target yang jelas. Selanjutnya sama seperti KitaBisa, AyoPeduli juga merupakan situs crowdfunding untuk kegiatan sosial yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan.

Dengan munculnya crowdfunding di tengah-tengah masyarakat, peluang mendapatkan dana untuk proyek atau bisnis yang sedang dikerjakan cukup besar, asalkan memiliki visi misi, tujuan, dan target yang jelas.

Untuk itu, jangan berhenti berinovasi karena setiap ide yang Anda keluarkan memiliki potensi untuk diwujudkan dengan adanya crowdfunding ini. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan perlindungan atas segala inovasi Anda dengan mendaftarkan kekayaan intelektualnya ke Dirjen Kekayaan Intelektual. Perlindungan kekayaan intelektual ini diperlukan untuk mencegah inovasi Anda ditiru oleh orang lain. Semoga bermanfaat!

Post a Comment