Back

Meningkatkan brand awareness sebuah produk atau jasa bukanlah pekerjaan yang gampang. Meski Anda memiliki bujet yang besar untuk melakukan promosi berbayar, kalau caranya salah justru membuat brand jadi terpuruk sehingga berpengaruh pada closing atau penjualan.

Nah, untuk mencegah hal-hal di atas serta memaksimalkan bujet yang dimiliki, Anda harus mengikuti beberapa langkah meningkatkan kesadaran brand yang akan dijelaskan pada artikel dibawah ini.

Pentingnya Kesadaran Brand

A brand for a company is like a reputation for a person. You earn reputation by trying to do hard things well. – Jeff Bezos

Sebuah brand tidak sukses dalam hitungan malam saja. Merek yang dimiliki oleh sebuah perusahaan tidak akan memiliki basis penggemar besar tanpa kerja keras. Untuk itu, Anda harus paham kalau kesadaran brand atau brand awareness itu sangat penting. Bahkan tanpa ada kesadaran ini merek yang Anda miliki hanya akan berakhir menjadi logo, ikon, dan font saja.

Brand awareness dari merek akan membuat segala jenis produk dan jasa lebih dikenal masyarakat. Kita ambil contoh sederhana saja, begitu orang-orang melihat logo atau tulisan Aqua, mereka akan langsung tahu kalau itu adalah merek minuman kemasan. Selanjutnya ketika Anda melihat logo M terbalik akan langsung tahu kalau itu logo salah satu jaringan restoran cepat saji.

Dari dua contoh di atas terlihat jelas kalau kesadaran brand itu tidak bisa ditunda-tunda lagi seperti kata petikan di atas. Selain itu, brand juga merupakan bagian dari kekayaan intelektual dari perusahaan. Agar Anda memiliki aset yang nilainya besar, tingkatkan awareness-nya dengan baik.

Langkah-Langkah Meningkatkan Kesadaran Brand

1. Promosi Offline

Promosi offline bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama dengan membuat selebaran yang nanti akan dibagikan ke masyarakat secara langsung, memasang spanduk berisi logo dan promosi, dan yang paling bontot adalah dengan menyewa baliho besar yang ada di tempat strategis.

Selama ini promosi offline dianggap tidak memberikan dampak besar, apalagi dengan hadirnya internet dan media sosial. Namun, promosi ini pasti akan dibaca oleh masyarakat terlebih yang lewat di depan lokasi baliho berkali-kali. Mau tidak mau mereka akan membaca dan penasaran dengan brand yang Anda promosikan.

Oh ya, promosi offline membutuhkan banyak bujet. Namun, untuk meningkatkan brand awareness secara instan, promosi ini cukup bisa diandalkan.

2. Promosi Online

Promosi online dilakukan dengan menggunakan web, blog, media sosial, atau dengan platform chat lainnya. Anda bisa langsung melakukan pos promo yang sedang diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran brand. Kalau cara promosi online standar tidak mampu memberikan dampak besar, Anda bisa mencoba menggunakan cara berbayar.

Dengan promosi secara berbayar, media sosial akan menampilkan iklan secara langsung kepada user yang tertarget. Jadi, Anda bisa mengatur kepada siapa saja iklan ini akan dimunculkan sehingga kemungkinan closing terjadi cukup besar.

3. Menggunakan Bahasa Copy yang Bagus

Segala bentuk promosi baik online atau offline akan tidak bermanfaat kalau bahasa copy atau iklan yang Anda gunakan kurang pas. Masyarakat mau melihat, membaca, lalu memutuskan untuk membeli karena termakan iklan yang Anda tulis atau tim buat. Nah, kalau bahasa iklannya kurang menggigit atau serampangan, aset besar Anda ini bisa saja tercoreng.

4. Membuat Konten yang Menarik

Untuk meningkatkan kesadaran brand tidak hanya dilakukan secara hardsell seperti, “Ayo beli ini sebelum kehabisan.” Anda bisa menggunakan cara softsell yang juga banyak menggiring warganet untuk melihat dan penasaran dengan konten yang Anda buat.

Buatlah konten menarik seperti pos pada blog yang memuat banyak informasi menarik. Selain konten berupa tulisan, Anda juga bisa membuat konten dalam bentuk infografik yang ciamik untuk warganet yang malas baca. Konten ini wajib diberi pengetahuan brand atau produk pada akhir atau tengah produk tanpa membuat pembaca merasa disuruh beli.

5. Bekerja Sama dengan Influencer

Tidak semua warganet mudah sekali dipengaruhi untuk memperhatikan brand yang Anda miliki. Namun, tidak perlu khawatir dan gusar. Coba kontak beberapa influencer atau buzzer yang selama ini dikenal baik oleh masyarakat.

Lakukan kerja sama dengan mereka untuk mengenalkan brand yang Anda miliki atau produk. Para buzzer ini biasanya bekerja dengan membuat video, tulisan, dan tweet terkait dengan brand yang ingin Anda tingkatkan awareness-nya. Kerja sama ini juga akan sama-sama meningkatkan kekayaan intelektual. Buzzer memiliki portofolio dan Anda memiliki nama baik.

Demikianlah beberapa langkah atau cara untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek. Cara-cara di atas bisa dikembangkan dengan segala macam inovasi yang ada agar bisnis Anda terus update dan mengikuti perkembangan zaman. Semoga bermanfaat!

Post a Comment