Back

Strategi adalah amunisi penting dalam persaingan bisnis Anda. Dalam menjalankan sebuah bisnis, strategi mempunyai peran penting yang dapat membuat suatu bisnis meraih kesuksesan atau bahkan gagal. Oleh karena itu, agar bisnis yang sedang dikembangkan dapat bersaing maka bisnis tersebut harus mempunyai strategi bisnis yang tepat. Berikut ini lima hal penting yang perlu diketahui pengusaha agar bisnis yang dikembangkan dapat meraih kesuksesan:

1. Perhatikan Standar Mutu

Bisnis yang berkembang di Indonesia sangat beragam, tetapi bisnis yang memperhatikan standar mutu masih dalam kategori belum maksimal. Pengusaha yang ingin sukses dalam bisnisnya, seharusnya memerhatikan mutu dalam produk atau jasa yang dijualnya. Mulai dari kualitas rasa (jika yang dijual makanan), kualitas kemasan, kualitas bahan baku, hingga kualitas pelayanan kepada pelanggan harus disesuaikan dengan standar yang berlaku.

2. Daftarkan HKI Bisnis Anda

HKI atau Hak Kekayaan Intelektual meliputi banyak hal, mulai dari hak paten, merek dan indikasi geografis, desain industri, hingga hak cipta. HKI sangat penting diketahui oleh pengusaha karena inovasi bisnis Anda memiliki nilai komersial yang bisa mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Keuntungan ini dapat terusik jika pengusaha tidak melindungi kekayaan intelektualnya. Sebagai contoh, merek yang Anda buat digunakan oleh pihak lain dengan kualitas produk yang rendah. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi citra produk Anda di mata pelanggan. Namun karena tidak ada perlindungan terhadap kekayaan intelektual ini Anda pun tidak bisa menghentikan aktivitas pemalsuan atas merek tersebut atau menuntut pihak lain untuk bertanggung jawab walaupun kekayaan intelektual tersebut adalah ciptaan Anda.

3. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi dan Penjelasan Info Produk

Promosi dan penjelasan info produk merupakan salah satu strategi pemasaran untuk mendapatkan perolehan bagi perusahaan. Salah satu cara untuk menambah tingkat penjualan adalah dengan memanfaatkan teknologi, misalnya media sosial. Melalui media sosial, Anda bisa meningkatkan popularitas produk atau profil perusahaan serta lebih mudah untuk menjangkau pelanggan.

Pertama, buatlah konten untuk pemasaran yang berkualitas sehingga disukai oleh banyak orang. Konten yang populer yang akan terus dibagikan dan membawa pengaruh positif bagi bisnis Anda. Selanjutnya, terus berikan respons pada pelanggan yang berinteraksi dalam akun media sosial perusahaan. Dengan serius menanggapi konsumen, maka akun Anda akan terus bertambah jumlah pengikutnya.

4. Sertakan Testimoni dari Pelanggan

Selain meningkatkan promosi, mencantumkan testimoni pada produk maupun akun media sosial perusahaan terbukti dapat menarik konsumen. Calon konsumen akan yakin menggunakan produk Anda setelah melihat testimoni dari pelanggan sebelumnya. Oleh sebab itu, menyertakan testimoni konsumen sebelumnya juga merupakan strategi bisnis jitu untuk meningkatkan penjualan.

5. Endorsement

Endorsement dapat diartikan sebagai dukungan atau arahan yang diberikan pada produk dan dilakukan oleh orang yang mempunyai pengaruh, misalnya tokoh masyarakat atau artis. Jika seorang yang mempunyai pengaruh memberi dukungannya terhadap sebuah produk, hal ini akan membuat banyak orang turut membeli produk itu karena percaya terhadap ucapannya. Selain itu, merek yang Anda produksi akan jauh lebih terkenal dengan sistem endorse ini.

Di Indonesia, kegiatan ini sudah banyak dilakukan oleh pengusaha khususnya para pemilik online shop. Praktik promosi dengan sistem endorse ini dapat dijumpai di media sosial Instagram, Facebook, maupun di kanal Youtube. Jumlah pengikut sang artis memegang peran penting keberhasilan sistem endorse tersebut. Semakin banyak jumlah pengikutnya maka makin besar pula keberhasilan promosi ini.

Untuk meraih kesuksesan Anda harus menerapkan strategi bisnis secara tepat. Jangan terpaku pada satu strategi saja yang efektif menurut Anda. Selalu lakukan koreksi untuk melakukan perbaikan kinerja agar tidak mengalami kerugian. Semoga bermanfaat!

Post a Comment